Sunday, September 14, 2014

PENDEKATAN PEMBELAJARAN UNTUK GURU

Mengajar efektif sangat diperlukan supaya ilmu yang ditransfe dapat diterima dengan baik oleh siswa. Oleh sebab itu dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang baik agar semua itu dapat tercapai. Untuk kesuksesan pembelajaran, tidak hanya dibutuhkan peran dari siswa saja namun guru juga harus mempunya peran yang aktif.

Berikut ada pendekatan strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk peserta didik.

1. Pendekatan kontekstual, dalam pendekatan ini siswa diposisikan sebaga pelaku. Pendekatan ini menerapkan strategi pembelajaran variatif untuk mengajari siswa. Peran guru di dalam kelas adalah membantu siswa dalam mencapai tujuannya. Fokus dari guru adalah memberi informasi, mengelola kelas dan menemukan hal baru. Siswa diharapkan dapat menemukan pengetahuan secara mandiri tanpa tergantung dengan guru.

2. Konstruktivisme, ada sedikit kemiripan dengan pendekatan kontekstual, perbedaannya terlihat dari stimulus pengetahuan yang sering diberikan.

3. Deduktif - induktif, pendekatan ini adalah pendekatan yang berbeda tetapi saling mendukung dan melengkapi. Pendekatan ini lebih dekat dengan penjelasan konsep, istilah-istilah dan definisi pada awal kegiatan pembelajaran.

Artikel menarik lainnya:
strategi pembelajaran paud psikologi
pembelajaran individual adalah
pembelajaran berbasis web adalah
pembelajaran sosial adalah
metode pembelajaran kimia terbaru
strategi pembelajaran ips
penerapan model pembelajaran kooperatif


No comments:

Post a Comment