Sunday, September 14, 2014

Silabus menurut para ahli

Bagi anda yang bergelut dalam bidang pendidikan atau mungkin seorang guru tentunya tidak asing lagi dengan silabus. Namun masih ada beberapa orang yang bergelut dalam bidang pendidikan tidak memahami dan memaknai silabus itu sendiri. Berikut ada sedikit ulasan pengertian silabus menurut para ahli :

1. Menurut dokumen KTSP, silabus adalah rencana pembelajaran yang mencangkup SK (standar kompetensi), KD (kompetensi dasar), materi, kegiatan pembelajaran, pencapaian dan penilaian siswa,

2. Salim (1987:98) menjelaskan bahwa “silabus adalah garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau materi pembelajaran.”

3. Yulaelawati (2004:123) menjelaskan bahwa silabus adalah seperangkat rencana dan pengaturan pelaksanaan dalam pembelajaran serta sistem penilaian yang dibuat untuk memuat semua komponen yang mempunyai kaitan dengan tujuan untuk menguasai kompetensi dasar.

4. Menurut kurikulum berbasis kompetensi, silabus berisi seperengkat rencana dan pengaturan mengenai kegiatan belajar mengajar, pengelolaan kelas dan penilaian kompetensi siswa.

5. Menurut free dictionary, silabus merupakan poin-poin atau garis besar dalam suatu teks.

Berikut ada artikel menarik yang wajib anda baca:
pentingnya pendidikan bagi anak
model-model desain pembelajaran
metode pembelajaran fisika terbaru
macam metode pembelajaran sejarah
peranan media dalam pengajaran dan pembelajaran
metode belajar ceramah
model pembelajaran kimia

No comments:

Post a Comment