Tuesday, July 29, 2014

Media Pembelajaran Matematika

Alat peraga sudah semestinya digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran matematika. Dengan menggunakan alat peraga siswa menjadi mudah memahami materi yang disampaikan guru. Oleh sebab itu, ada baiknya seorang guru matematika harus mengenelai berbagai jenis media pembelajaran matematika.

Ada 5 jenis penggolongan pembelajaran matematika, diantaranya:

1. media tanpa proyeksi 2 dimensi, yaitu tipe ini untuk menggunakannya tanpa proyektor dan hanya ada dua ukuran yakni panjang dan lebar. Contohnya adalah papan temple, papan catat, dan papan fanel.

2. media tanpa proyeksi 3 dimensi, yaitu tipe ini untuk menggunakannya tanpa proyektor dan memiliki ukuran panjang, lebar tidak tipis dan tinggi. Contohnya adalah boneka dan benda sesungguhnya.

3. media dengan proyeksi, yaitu media yang dalam penggunaanya menggunakan proyektor. Contohnya slide, film dan film strip.

4. televisi dan video tape recorder, yaitu jenis media ini sama seperti audio tape recorder dan radio. Yang membedakan dengan radio adalah radio hanya menggunakan pemancar nada saja sedangkan tv memancarkan nada dan gambar. Video tape recorder adalah alat yang digunakan untuk merekam suara. Sedangkan tv adalah alat yang digunakan untuk melihat gambar dan mendengarkan suara pada jarak yang jauh.

Tujuan dari pemakaian alat peraga atau media pembelajaran adalah untuk memaksimalkan seluruh panca indra anak didik. Dengan demikian akan menambah efektifitas siswa dalam belajar mendengar, melihat, meraba dan menggunakan pikirannya untuk berpikir logis dan realistis.

Artikel menarik yang wajib Anda lihat:
aplikasi administrasi sekolah
beda pendidikan dan pengajaran
materi pembelajaran adalah
klasifikasi media pembelajaran
pembelajaran audio visual
metode pengajaran ips
program pembelajaran sd

No comments:

Post a Comment