Monday, July 28, 2014

Metode Pembelajaran TIK

Cita-cita pendidikan bangsa Indonesia tertuang dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 yang isinya mencerdaskan kehidupan bangsa. Diharapkan akan terwujudnya harkat dan martabat bangsa Indonesia. Sekolah yang didalamnya terdapat system merupakan lembaga social yang tugasnya mencetak generasi penerus bangsa. Semua rakyat Indonesia berhak mendapatkan pengajaran yang baik. Sekarang ini yang perlu dipikirkan adalah mutu pendidikan, kualitas, kecerdasan dan cara untuk mencapainya.

Pengembangan metode pembelajaran mulai dikembangkan, salah satunya adalah metode pembelajaran TIK. Metode ini sangat sejalan dengan perkembangan dunia TIK dimana dunia pendidikan harus terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Ini adalah salah upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan bangsa.

TIK digunakan untuk mengoptimalkan tujuan pembelajaran. Tentu saja ini akan menjadi sesuatu yang menarik di dalam kelas jika dibandingkan hanya mendengar penjelasan guru. Siswa akan merasa bosan apabila guru menerapkan pembelajaran satu arah. Siswa hanya mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru. Supaya siswa tidak bosan, guru harus pintar komunikatif dengan siswa. Namun akan menjadi membosankan apabila guru menyampaikan materi secara monoton.

Metode pembelajaran TIK, memanfaatkan beberapa media diantaranya internet, PC, Televisi, Radio, Telepon, LCD Proyektor, Printer. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah sudah efektifkah penggunaan media tersebut? Banyak kita temui bahwa media tersebut lebih sering memberikan hiburan saja dibandingkan edukasi.

Baca artikel menarik berikut ini:
model pembelajaran tipe stad
pembelajaran tematik sd
model pembelajaran komputer
pembelajaran inquiry adalah
model-model pembelajaran matematika smp
pembelajaran konstruktivistik
metode pembelajaran pkn


No comments:

Post a Comment