Wednesday, October 22, 2014

Pembelajaran yang Efektif

Proses pembelajaran adalah sebuah proses yang mengandung serangkaian pelaksanaan oleh guru dan siswa atas dasar hubungan timbal-balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu.

pembelajaran yang efektif merapakan suatu proses belajar mengajar yang bukan hanya terfokus kepada hasil yang dicapai peserta didik,tetapi juga bagaimana proses pembelajaran mampu memberikan pemahaman yang baik, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu serta dapat memberikan perubahan perilaku dan mengaplikasikannya di kehidupan mereka.

Interaksi atau antara guru dan siswanya merupakan syarat pokok berlangsungnya suatu proses pembelajaran. Tetapi Pada kenyataan, seringkali guru terlalu aktif di dalam proses pembelajaran, sementara siswa hanya pasif, sehingga interaksi antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran tidaklah efektif.

Apabila proses pembelajaran hanya atau lebih dikuasai oleh guru saja, maka efektifitas pembelajaran tidak akan tercapai. Untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif, guru dituntut agar dapat mengelola proses pembelajaran yang memberikan rangsangan kepada siswa untuk lebih aktif.

Untuk mencapai suatu pembelajaran yang efektif siswa juga bisa dibimbing oleh Guru dari pengetahuan sebelumnya yang mereka miliki yang tersimpan dalam ingatan dan pemikiran mereka (Kognitif) dengan menggunakan teori dan metode pembelajaran yang tepat. Jika hal tersebut belum terjadi maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan efektif dan optimal.

Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan anda.

Artikel menarik lainnya :

No comments:

Post a Comment